Feizal Qomar Karim : Terus Berbagi Dengan Ngeblog

Feizal Qomar Karim : Terus Berbagi Dengan Ngeblog

Terus Berbagi Dengan Ngeblog
Taufik Asmara

Saya pernah menulis di blog saya tentang perlunya eksistensi dan ketekunan dalam mengelola blog. Termasuk bagaimana kita membagi waktu antara aktivitas nyata (hari-hari) dengan aktivitas online termasuk ngeblog. Saya dulu juga sempat membayangkan bahwa orang-orang dengan tingkat aktivitas tinggi tentunya jarang yang bisa ngeblog. Dan ternyata ini tidak benar lho… Yang penting adalah bagaimana niat awal kita ngeblog dan menjaga niat itu agar tetap lekat dalam diri kita.

Saat ini, Riau boleh berbangga bahwa salah seorang pejabat pemerintahnya dan juga tokoh masyarakat Riau juga memiliki niat dan eksistensi yang kuat dalam berbagi informasi lewat blog. Beliau adalah Ir. Feizal Qomar Karim, M. Eng. Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah Provinsi Riau.

Ir. Feizal Qomar Karim, M.Eng

Pria kelahiran Padang 53 tahun lalu dari orang tua asli Riau yang merantau kesana ketika itu, mulai meniti karirnya di pemerintahan dari tahun 1984. Saat itu dia menjadi Ass. Pimpro (Jalan) di Dinas PU Provinsi Riau. Ia mulai masuk dalam jabatan struktural di dinas tersebut setelah menyelesaikan pendidikan S2 nya di Canada (1992-1998). Setelah itu, karirnya terus berlanjut dengan menjadi Kadis Tata Kota Pekanbaru (1998-2000), Dinas PU lagi (2000-2004), Dinas Perhubungan Provinsi Riau (2004-2008), dan Badan Penanaman Modal (2008-sekarang).

Ditengah-tengah kesibukannya sebagai pejabat pemerintah, saya coba mengajukan beberapa pertanyaan lewat fasilitas pesan di Facebook. Pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan adalah seputar dunia internet dan blog khususnya. Berikut ini saya copy kan kesini hasil tanya jawab tersebut, dengan harapan, apa yang beliau sampaikan dapat menjadi motivasi bagi siapapun yang membaca tulisan ini untuk terus ngeblog dan terus berbagi informasi.

Sejak kapan mulai ngeblog?

Mulai ngeblog tanggal 23 Agustus 2008 di http://riau2020.blogspot.com yang kemudian juga menduplikasinya sejak 3 November 2008 di http://riau2020.wordpress.com yang karena masalah teknis kemudian lebih diaktifkan.

Kenapa punya blog?

Berikut saya copykan aja pengantar tentang itu dari blog saya:
Suatu kali saya baca di Kompas bahwa umpama siklus hari, blog dianggap sudah senja karena sudah ketinggalan zaman dan ada media komunikasi lain yang dianggap dianggap efektif. Tentu cukup mengherankan pula kenapa saya yang usianya juga sudah masuk kategori senja baru mulai mengaktifkan sebuah blog.

Bagi saya yang relatif gaptek soal Sistem Informasi, blog adalah suatu media yang masih relatif baru. Dibandingkan dengan anak-anak saya yang sudah kuliah, tentu saya lebih dangkal dalam hal ini. Jika blog anak saya Aulia.H.F di wordpress sudah dikunjungi lebih dari 25 ribu kali, blog saya ini sangatlah muda dan belum optimal.

Terus kenapa namanya Riau 2020? Sebagai orang Melayu dari Riau saya sangat peduli (concerned) dengan kemajuan negeri dan masyarakat di Provinsi Riau. Bertepatan provinsi ini mempunyai Visi Riau 2020 yang berbunyi: Terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin di Asia Tenggara tahun 2020. Berangkat dari visi inilah dan keinginan untuk berkontribusi dalam upaya memajukan Riau maka blog ini saya beri nama Riau 2020.

Berangkat dari kondisi saya yang sangat awam terhadap blog dan dengan segala keterbatasan serta kendala yang ada, saya bertekad akan tetap meneruskan keberadaan blog ini. Kegunaan blog dalam hal menyalurkan minat menulis akan saya manfaatkan. Sejak sangat sibuk dengan pekerjaan, saya sudah jarang menulis di media masa (koran) lokal. Dengan blog ini saya harapkan tulisan-tulisan singkat tentang berbagai hal dapat saya “cicil” dan koreksi ulang jika ada yang perlu disempurnakan.

Tulisan-tulisan saya pada blog ini Insya Allah akan berkisar pada berbagai hal yang jadi perhatian saya, sejak dari lingkup profesi sampai dengan hal-hal yang bersifat manajerial. Bisa juga tentang aspek humanisme, pembangunan, ekonomi, politik, luar negeri, ataupun keagamaan. Pokoknya mana yang lagi terasa dan datang inspirasinya. Barangkali juga akan ada tulisan dalam Bahasa Inggris (he.. he.. he… kalau masih bisa).

Tulisan-tulisan itu kelak, meskipun tidak akan bersifat spesifik dan detil serta mendalam, saya harapkan memberi manfaat bagi para pembaca. Dengan segala kerendahan hati saya tentu mengharapkan masukan, koreksi, masukan, atau sisi pandang lain dari para pembaca sehingga terjadi diskusi yang sehat dan positif.
Selamat menikmati dan terima kasih.


Bagaimana Bapak membagi waktu antara kegiatan sehari-hari dengan ngeblog dan aktivitas online lainnya?

Ketika membaca koran atau buku atau melihat sesuatu di jalan atau ketika berkunjung ke suatu tempat, sering muncul ide yang perlu dibagi dengan orang lain. Kalau saya bawa laptop atau PDA dan waktu longgar, biasanya saya langsung mengetiknya seberapa pun dapatnya. Tulisan yang masih kasar atau belum tuntas biasanya saya lihat lagi untuk dituntaskan pada sore, malam hari, atau disela-sela jam istirahat kantor. Kadang tulisan itu saya endapkan dulu sebelum saya nilai final.

Bagaimana menurut Bapak tentang media Blog?

  • lihat jawaban nomor 2.
  • sangat manfaat untuk yang senang membaca dan menulis.

Bagaimana menurut Bapak perkembangan dunia internet di Riau khususnya?

  • cukup baik meskipun masih perlu diperluas jangkauan pelayanan internet murah buat masyarakat, khususnya pelajar dan mahasiswa.
  • perlu ditanamkan nilai2 moral dan norma positif agar internet tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang berekses dan pengaruh negatif seperti pornografi, judi, kekerasan, khayalan, kriminalitas, dsb tapi lebih pada manfaat untuk komunikasi murah, pengembangan visi agar lebih luas, pergaulan internasional yang sehat, bisnis sehat, belajar, sumber informasi dan iptek/agama, dll.
  • Untuk menangkal ekses tadi, pemerintah (daerah) juga perlu dengan tegas dan tidak ragu-ragu untuk memfilter materi yang tidak baik, apalagi di Tanah Melayu ini.

Bagaimana menurut Bapak peran yang telah dilakukan pemerintah dalam mengembangkan internet sehat di Riau?

Masih perlu ditingkatkan dan diterapkan secara konsepsional, holistik, dan implementatif.

Pesan dan harapan Bapak terhadap perkembangan internet (blog khususnya) di Riau?

Blog hanya lah sebagai medianya. Yang lebih penting bagaimana budaya baca-tulis (literatur), baik dalam bentuk cetak maupun digital, dapat berkembang dengan baik dan subur. Hanya dengan baca-tulis lah kita bisa pintar dan cerdas sehingga bisa maju dan berbudaya yang berharkat tinggi menuju Ridho Allah Swt.

Mudah2an memadai. Wassalam.

About The Author

Related posts

5 Comments

  1. bangasbersorak

    pokoknya cara pak Feizal cerdas, menyampaikan apa yang dirasakan, tidak tentang diri sendri..tapi soal kehidupan sekitar…jiwa masyarakat timur kali…selalu ingin berbagi…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *