Hypermarket Informasi

Hypermarket Informasi

Hypermarket Informasi
oleh : attayaya

Ngeblog sebagai kata kerja yang lebih gaul daripada “blogging” menjadi suatu trend yang positif saat ini. Blog yang bermula dari kata “web log” (catatan web) sebagai salah satu bentuk aplikasi web yang berisi postingan dalam bentuk tulisan. Sesuai perkembangan jaman, blog tidak hanya berisi tulisan tetapi juga sekarang berisi gambar atau pun video atau juga campuran semuanya. Bahkan sekarang sudah susah membedakan sebuah website dengan sebuah blog.

Dalam pesta blogger 2009 kemaren, digunakan suatu istilah “NaraBlog” sebagai pengganti istilah “Blogger” karena terjadi kerancuan antara “Blogger sebagai user Blogger.com” dengan “Blogger sebagai pelaku blog”, sekaligus bisa mewadahi para user blog yang menggunakan aplikasi dan web lainnya seperti wordpres, joomla, drupal, dan lain-lain baik dengan hosting gratisan maupun self-hosting.

Blog bermula dari blogger.com yang dikelola oleh PyraLab yang akhirnya diakuisisi/dibeli oleh Google pada akhir tahun 2002 lalu. Semenjak itu, makin banyak aplikasi-aplikasi web log (blog) beredar di dunia internet.

Fungsi blog bisa beragam tergantung tujuan masing-masing user blog, misalnya :

* Catatan harian
* Puisi
* Media publikasi / penyebaran informasi
* Kampanye
* Kritikan/saran
* Review / Ulasan
* Catatan pelajaran/kuliah

Jenis-jenis blog menurut wikipedia :

* Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
* Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
* Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
* Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
* Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
* Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
* Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
* Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
* Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
* Blog agama: Membahas tentang agama
* Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
* Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
* Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
* Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
* Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
* Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Umumnya blog memiliki interaksi dengan pengunjung sehingga bisa pengunjung bisa menuliskan komentar atas postingan, walaupun ada beberapa user blog yang menutup/non-aktif fasilitas tersebut. Kumpulan dari blog-blog yang ada di dunia internet ini disebut “blogsphere” yang lebih diartikan “dunia Blog”. Dan lalu beberapa user blog membentuk sebuah komunitas/community salah satunya Blogger Bertuah Pekanbaru.

BlogStorm (Badai Blog)

merupakan kekuatan blogsphere (kumpulan banyak blog) untuk menginformasikan dan memberi opini atas suatu topik/subyek tertentu secara berulang-ulang dalam suatu jangka waktu tertentu (bahkan ada yang tanpa batas waktu) menjadi suatu gelombang aktivitas bersama para user blog (blogger).
Contoh :
Kontes SEO ataupun tulisan
Kasus Korupsi
Masalah Lingkungan Hidup
Koin peduli Prita
dll
(ingat akan kekuatan facebook dalam “koin cinta bilqis”)

Jangan lupa bahwa blog juga bisa menghasilkan uang. Banyak cara, tips dan trik untuk mendapatkan uang dari blog. Tetapi jangan lupa juga, hal itu umumnya membutuhkan syarat misalknya blog harus memiliki pagerank yang bagus dan pengunjung yang lumayan banyak.

Dengan keadaan sekarang dimana blog berisi lebih banyak informasi baik yang berguna (maupun sekedar informasi sampah), maka tak heran jika aku menyebut dunia blog adalah “Dunia Hypermarket Informasi

Dalam dunia perdagangan, Hypermarket adalah SuperStore yaitu toko dalam bentuk yang lebih besar yang menggabungkan antara supermarket dengan department store. Hasil gabungan itu menjadi toko super besar yang menjual barang dagangan secara retail/eceran. Barang yang diperdagangkan pun memiliki jenis/item dan jumlah yang sangat banyak. Jika mini market bisa mengelola sekitar 6.000 item dan supermarket bisa mengelola sekitar 12.000 item, maka hypermarket bisa mengelola lebih daripada itu. Hypermarket bertujuan untuk memuaskan pelanggan dengan memberikan layanan “One Stop Shopping”. Biasanya besarannya ditentukan oleh luasnya. Semakin luas, maka semakin banyak item dan jumlah barang yang bisa dijual retail. Hypermarket biasanya memiliki luas minimal 15.000 meter persegi atau kombinasi ukuran toko sekitar 100 x 150 meter.

Demikian juga dalam dunia blog. Jika sebuah blog berisi artikel postingan yang udah ribuan dengan berbagai jenis tulisan dan informasi dan mengingat banyaknya jenis blog yang ada sekarang ini, maka tak heran jika blog itu menjadi sebuah “HyperMarket Informasi”, jika pun tidak, bisa menjadi “Supermarket Informasi” atau pun “MiniMarket Informasi” atau menjadi “Kedai/Warung Informasi”, bahkan “Pasar Tradisional Informasi”.

Ditulis oleh
Nama : attayaya
Pekerjaan : admin www.attayaya.com
Alamat Blog : www.attayaya.net
Alamat url postingan : http://www.attayaya.net/2010/05/ngeblog-hypermarket-informasi-2.html

About The Author

Related posts

7 Comments

  1. tuah17

    ada yg kurang Bg Atta,
    ngeblog untuk ngumpulin dollar dan cari investor..hehehe..
    jadi online dan offline dua-duanya bisa untuk cari rezeki yg halal tentunya.

    wasallam.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *