Reaksi dibalik Errornya Bertuah.org

Reaksi dibalik Errornya Bertuah.org

Tepat sekitar tgl 7 Maret  jam 10.34 malam, weblog Komunitas Blogger Bertuah yang beralamat di http://bertuah.org tiba-tiba error.  Tiba-tiba tamplate kembali ke tamplate standard wordpress,bahkan beberapa hulubalang menyebutnya menjadi blog dummy,  Tentu saja errornya weblog bertuah ini mendapat reaksi begitu cepat dari para blogger lain, baik itu blogger di Pekanbaru maupun diluar Pekanbaru.Terlepas dari apakah error ini disengaja ataupun tidak. Semua para blogger yang kebetulan membuka bertuah.org mempertanyakan mengapa bisa terjadi demikian ? tentu saja seperti dilangsir di forum Bertuah di Facebook, hal ini karena kesalahan atau human error oleh salah satu calon admin. Akan tetapi berselang beberapa menit kemudian, weblog bertuah.org kembali normal. Namun di balik errornya weblog bertuah.org ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan renungan dan evaluasi buat kita semua yakni :

1. Komunitas memiliki orang kritis.

Hal ini terbukti dari reaksi yang begitu spontan dari para blogger Pekanbaru ketika beberapa jam yang lalu sempat melihat weblog bertuah error. Adanya blogger kritis tentu saja sangat di perlukan disebuah komunitas.  Bagaimanapun kritik spontan jelas memberikan adil yang besar terciptanya sebuah weblog komunitas yang handal. Kritikan spontan tentu saja bukan terjadi disaat error namun kritik lain yang sifatnya membangun juga sangat diperlukan.

2. Komunitas yang  mencintai kemajemukan

Bagaimanapun errornya bertuah.org karena kesalahan atau human error. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan ? apa dengan makian dan saling menyalahkan? tentu saja tidak, hal ini terbukti dengan cepatnya para hulubalang Blogger Bertuah memcermati dan memperbaiki error yang terjadi. Ini menandakan bahwa Komunitas Blogger Bertuah mencintai kemajemukan dan menerima siapa saja menjadi anggota bertuah serta menerima kritik dan saran yang sifatnya membangun.

3. Di isi oleh para Blogger handal

Ketika error terjadi di weblog Komunitas, akan kelihatan apakah anggota atau admin orang yang tenang atau tidak. Beberapa jam lalu terbukti reaksi spontan baik dari hulubalang maupun anggota bertuah langsung ditanggapi dan langsung di respon dengan tindakan perbaikan. Tidak ada kepanikan yang berlebihan. Coba anda bayangkan ketika weblog bertuah error hingg pagi hari kemudian admin maupun anggota saling menyalahkan ? Tentu saja akan terjadi disconnections antar anggota. Akan tetapi adanya blogger handal di komunitas bertuah, membuat semuanya kembali normal.

3 point diatas memberikan idikakasi kepada kita bahwa ketika terjadi disconnections atau error di weblog tertentu, langkah pertama tentu saja langsung memperbaikinya, tidak menyalahkan atau bertanya mengapa bisa demikian terjadi. Berikut kutipan nasehat dari para hulubalang di Forum Bertuah di Facebook ketika sebuah weblog mengalami error :

1. Taufik ‘Fiko’ Asmara : ” ya wis… jadikan pelajaran aja…”

2.  Kang Wie : ” pelajari ===> fahami ==> lakukan”.

3. Laksamana Embun : “Serahkan suatu maslah pada pakarnya.”

4. Tuah Taming Sari : “naik gunung dulu aja dulu berguru ilmu.”

About The Author

Kiran Yatmorejo

Seorang Blogger yang hobi belajar agar tidak kurang ajar, senang ngeblog agar tidak goblok.

Related posts

12 Comments

  1. tuah17

    jgn berburuk sangka…
    sy sempat baca, blog yg pake wordpress pada saat itu 2 server induknya di Amrik sana dihack, sampai 3x dan down beberapa jam dan sampai sekarang masih dalam perbaikan. Sekedar info aja..

    wasallam

    Reply
  2. Pedagang Melayu

    Yang benarnya PLN di Amerika mati, jadi servernya mati manalagi yang punya server gensetnya kehabisan BBM lagi (asal jawab …hehe..). Mudah-mudah kejadian itu tidak terulang lagi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *