BLOG SEBAGAI SARANA PROMOSI DAERAH DAN PELESTARIAN KEBUDAYAAN

BLOG SEBAGAI SARANA PROMOSI DAERAH DAN PELESTARIAN KEBUDAYAAN

Perkembangan dunia internet kian pesat. Dulu internet hanya dapat diakses diwarnet dengan harga yang mahal, kini internet sudah ada dimana-mana bahkan internet sudah portable, kini internet bisa dilakukan melalui handphone ataupun di fasilitas atau sarana umum yang memiliki Wi-fi. Kehadiran Internet hendaknya dapat kita manfaatkan dengan semaksimal mungkin dalam bentuk yang positif.

Blog atau website salah satu hal positif dari Internet. Keberadaan blog atau website dapat berfungsi sebagai sarana informasi komunikasi daerah kepada masyarakat, juga sarana promosi kekayaan alam, potensi daerah, dan promosi objek-objek wisata daerah.

Melalui sebuah photoblog yang diberi Judul Riau Daily Photo saya bermaksud mempromosikan apa yang dapat dipromosikan di Riau melalui wadah photo, misal Objek wisata di Riau, Kuliner di Riau, Kebudayaan di Riau, Kebudayaan di Riau, bangunan di Riau, Kekayaan alam Riau dan juga PON XVIII Riau tahun 2012.

Selain sebagai media promosi daerah ,blog ataupun website juga menjadi sarana yang tepat untuk pelestarian kebudayaan, saat ini sangat jarang sekali blog ataupun media lain yang khusus concern untuk melestarikan budaya,khususnya budaya Melayu,kalaupun ada itu cuma beberapa saja dan bisa dihitung.  Misalnya saja Keris Melayu, saat ini sangat susah mencari Keris Melayu, walau kita mencari ke Indragiri, Pelalawan, Tanjung Pinang hingga ke Malaysia, keris Melayu sangat susah dijumpai tidak  segampang mendapatkan keris jawa. Kalau di Pekanbaru ataupun negeri melayu lainnya, kalau orang Melayu menikah menggunakan keris jawa.  Kenapa hal itu terjadi, dan kenapa budaya Jawa ataupun Keris Jawa masih terpelihara. Itu tak lain karena ada yang telaten mendokumentasikanny. Dokumentasi ternyata berperan besar dalam pelestarian peradaban. Ini yang diabaikan orang Melayu. Kalaupun ada, belum ada dokumentasi yang rapi. Warisan khazanah sejarah dan budaya Melayu masih berupa mosaik yang tersebar di mana-mana. Blog merupakan salah satu media untuk mendokumentasikan kebudayaan.

Blog ataupun website merupakan media yang paling efektif dan ekonomis untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi daerah dan juga pelestarian kebudayaan. Blog dapat dengan mudah mengakselarasi  promosi wisata tanpa harus  mengeluarkan biaya,waktu dan tenaga yang besar.

Marilah bersama sama kita promosikan Riau, terlebih Riau akan menjadi Penyelenggara PON XVIII tahun 2012 nanti. Kita para Blogger, khususnya Blogger di Riau dapat menjadi media Partner pemerintah dalam ajang promosi Potensi Daerah.

Penulis : Hasrinaldi (eri)
Pekerjaan : Pegawai Bang RiauKepri

About The Author

Riau Travel Blogger dan Etnographer di http://www.riaudailyphoto.com

Related posts

6 Comments

  1. tuah17

    terus terang sy yg ngusulin pertama supaya mempromoin PON 18 di Riau dengan ngadain Lomba Blog/Artikel tentang PON 18 di Riau..
    Tapi teman2 Bloger Bertuah sampai sekarang belum ada respon atau tdk mau ngambil kesempatan ini…?

    wasallam,
    Leo (tuah17)

    Reply
    1. RIAU DAILY PHOTO

      ” Mempromoin PON 18 di Riau dengan ngadain Lomba Blog/Artikel tentang PON 18 di Riau. Tapi teman2 Bloger Bertuah sampai sekarang belum ada respon atau tdk mau ngambil kesempatan ini ? ”

      Kemungkinan saja teman-teman Blogger Bertuah saat ini ada kesibukan dan kegiatan lain, dan tentunya jika diadakan lomba blog membutuhkan biaya yang ekstra. Kawan-kawan dari bertuah tentunya sudah memikirkan itu semua,tapi tentunya karena ada berbagai keterbatasan.

      Sebagian besar Blog dari kawan-kawan bertuah memposting hal yang berbau PON.
      Alangkah lebih baiknya kita mulai dari kita sendiri, kita lakukan dengan ikhlas dengan tujuan semata-mata untuk mempromosikan daerah.

      Wassalam Eri.

      Reply
  2. agung sudomo

    hendaknya semua masyarakat riau ikut ambil bagian dalam mempromosikan daerah riau, kita sebagai blogger mari kita promosikan daerah kita melalui blog

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *