Pelatihan UKM Riau Goes Online, Support by Google

Pelatihan UKM Riau Goes Online, Support by Google
UKM Riau Goes Online
Seminar UKM Riau Goes Online beberapa bulan lalu

Provinsi Riau akan menjadi tuan rumah even bergengsi internasional Islamic Solidarity Games (ISG) III tahun 2013 mendatang. Sekitar 57 negara akan hadir di bumi Lancang Kuning ini untuk meraih prestasi dalam bidang olahraga. Selain para partisipan, tentunya diperkirakan ribuan orang juga akan turut hadir menyaksikan acara tersebut.

Even ini akan menjadi sebuah peluang yang besar untuk mempromosikan daerah ini dengan segala potensi yang dimilikinya termasuk dalam bidang ekonomi, khususnya pengembangan UKM. Di Riau sendiri saat ini terdapat ribuan UKM yang memasarkan berbagai produk mulai dari kerajinan tangan, kuliner, dan sebagainya.

Salah satu bentuk pengembangan UKM ini adalah mempromosikan produk mereka melalui internet. Dalam rangka inilah, Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru berencana melaksanakan pelatihan UKM Riau Goes Online. Pelatihan gratis untuk para UKM yang ada di Riau ini akan berlangsung pada bulan Desember 2012 mendatang.

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari seminar UKM Riau Goes Online yang dilaksanakan oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru bulan Maret 2012 lalu. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru, Kurnia Rahman, dalam bincang-bincang di sekretariat komunitas ini, Minggu (25/11/12).

Menurut beliau, pelatihan ini juga sebagai wujud kepedulian komunitas yang sering beraktifitas di dunia maya ini terhadap perkembangan dunia UKM di Riau.

“Pelatihan ini adalah bentuk kepedulian kita untuk membantu para UKM yang ada di Riau agar mereka bisa mengembangkan usahanya secara online. Dengan demikian diharapkan akan mampu memperluas pangsa pasar produk-produk UKM di Riau,” ujar Kurnia.

Lebih lanjut Kurnia menyampaikan bahwa potensi UKM di Riau ini sangat besar. Namun sebagian besar masih dipasarkan dalam skala lokal. Potensi inilah yang coba dimaksimalkan oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru sesuai dengan fokus komunitas ini dalam pengembangan internet di Riau.

Senada dengan Kurnia, penanggung jawab acara ini Rido Faldana menyampaikan pengalamannya dalam berinteraksi dengan para UKM di Riau. Menurutnya sangat banyak UKM di Riau yang memiliki produk-produk yang bagus, namun belum mendapat pangsa pasar yang baik, terutama dari luar daerah. Dan peluang ini ternyata juga dapat respon positif dari para UKM.

“Hingga saat ini sudah banyak peserta yang berminat untuk mengikuti acara ini, dan kita akan membaginya dalam 5 kali pelatihan atau angkatan.” demikian dipaparkan Rido.

Pelatihan UKM Goes online ini mendapat dukungan langsung dari Google dan PanDI, dan akan dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia, seperti Surakarta, Madura, Makassar, Banyumas, Malang, Ponorogo, Ambon dan Pekanbaru.

“Kita patut berbangga karena Pekanbaru ditunjuk sebagai satu-satunya kota di Sumatra tempat dilaksanakannya pelatihan ini. Ini salah satu bukti bahwa Riau potensial untuk berkembang.” ujar Rido menutup obrolan.

About The Author

Related posts

8 Comments

  1. Pingback: 5th Anniversary Blogger Bertuah | My Life, My Story

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *